Adu Modem CDMA 2000 1X


Bagi orang yang super sibuk yang sering bermobile, laptop dan modem adalah 2 hal yang harus dibawa. Dengan bantuan kedua alat tersebut, akses internet isa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dipasaran banyak sekali dijual modem , baik GSM ataupun
CDMA. Biasanya modem CDMA jauh lebih murah dibanding GSM. Untuk test kali ini saya akan menggunakan modem CDMA Venus VT-12 dengan Speedup SU 6200 U. Kedua modem ini sangat diminati dipasaran.

Fisik
Dari segi fisik VT-12 lebih besar dibanding SU 6200 U yng berukuran kecil memanjang. VT-12 mempunyai warna hitam bludru, sehingga memudahkan debu untuk melekat pada bodinya. Pada waktu tangan kita kotor, jangan sekali – kali memegang modem ini karena akan meninggalkan bekas. Ya….mungkin modem ini cinta kebersihan x... SU 6200 U mempunyai warna yang sama yaitu hitam tapi dengan warna yang mengkilap dibalut warna orange yang melingkar disisi atas sehingga terkesan lebih elegan.

Lampu indikator VT-12 ada dua buah yang semuanya bernyala terang, beda dengan SU 6200 U yang cuma satu dengan warna yang agak redup, sehingga pada waktu memproses data tidak akan terlalu kelihatan lampu indikator berkedip – kedip. Hal ini kadang membingungkan kita, untuk mengetahui modem ini respon apa tidak.

Untuk test kali ini skor berimbang 1 – 1

Fitur
Fitur yang dibawakan VT-12 lebih komplait dibanding SU 6200 U , dengan bisa untuk Voice, dan cek pulsa. SU 600 U tidak ada fitur tersebut, sehingga apabila kita akan cek pulsa , harus dipindah ke HP dulu. Untuk setting, kedua modem ini sudah dilengkapi connection setting dari berbagai operator CDMA yang ada di Indonesia, sehingga kita tidak perlu repot – repot memasukkan setting tersebut. Kita juga bisa menambah, mengurangi atau memodifikasi connection setting pada opsi tersebut.

Untuk test kali ini skor 1 – 0 untuk VT – 12

Transfer Data

Fungsi yang utama dari alat ini adalah untuk transfer data. Apa gunanya kita mempunyai modem yang tampilannya bagus, tetapi tidak bisa buat transfer data, sama juga bohong kan?. Kita semua tahu, kekuatan sinyal dan proses transfer data adalah sangat keterkaitan erat. Sinyal yang lemah kemungkinan DC akan semakin besar. Indikator sinyal kedua modem sama – sama mempunyai maksimal 5 bar. Untuk sinyal 3 bar ke atas kedua modem sama – sama menunjukkan performa yang sangat bagus.Tetapi untuk sinyal 1 bar, VT – 12 kemungkinan DC lebih besar. Penangkapan sinyal VT – 12 lebih lemah dari SU 6200 U apabila dibawa ketempat yang agak jauh dari BTS. Misalnya ditempat saya. VT – 12 cuma bisa sanggup 1 bar, ini jauh dengan SU 6200 U yang bisa bertahan stabil di 3/ 4 bar. Selama bekerja untuk transfer data , kedua modem sama – sama mengeluarkan panas, makanya tolong disediakan handuk buat kompres – kompres ini modem ya….he..he..

Untuk test kali ini skor 1 – 0 untuk SU 6200 U

Kesimpulan
Kedua modem diatas sama – sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk teman – teman yang rumahnya penangkapan sinyalnya agak kurang bagus SU 6200 U adalah pilihan yang tepat. Namun, untuk yang menyukai full fitur, seperti bisa buat telepon, cek pulsa, VT – 12 lebih cocok. Nah, sekarang pilihan tergantung kepada Anda?
Untuk test kali ini saya menggunakan kartu Flexi prabayar. Untuk kartu CDMA yang lain belum saya coba. Test diatas merupakan pengalaman saya dan versi saya semata - mata. Dan akan sangat mungkin berbeda dengan pengalaman teman – teman yang lain. bagi teman – teman yang mempunyai pengalaman lain seputar kedua modem tersebut , tolong di share disini.

8 komentar:

Puguh mengatakan...

Broo supaya sinyal Vt-12-na kuat bagaimana yaa??? sinyal saya lemah skali Di Denpasar...

Admin mengatakan...

@Puguh
ada beberapa altenatif :
- pakai antena luar
- Pakai sim card yang sekiranya penerimaan sinyal didaerah mas puguh bagus. Thank udah mampir

NB: kemarin sempat lihat2 bag dalam ke dua modem, ternyata antena external VT-12 tidak berbentuk lilitan, sedangkan SU 6200 berbentuk lilitan. Mungkin ini yang membuat SU 6200 lebih kuat dlm hal Sinyal

modem cdma mengatakan...

wah, thanks buat share info'a.
jadi tahu ane...

masdowi mengatakan...

@ modem cdma ~ jangan lupa modemnya dicoba

Anonim mengatakan...

su6200 vs mg880 sinyalnya kuat mana ya?

masdowi mengatakan...

@ anonim ~ kalau saya masih setia ma SU600, tapi klo teman-teman pndapatnya brmacam-macam, yang jelas MG880 harganya lumayan lebih mahal. BTW Nama nya ketinggalan dimana nich?

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

ada cara crack modem biar lebih cepet ga gan?

Anonim mengatakan...

su6200u bisa gratisan interntan loh gan,asal bisa2 aja oprak apreknya,speed tetap kencang,gw pake flexi tp connect'y pake username n pasword dari oprator lain,pasti bisa gan selamat mencoba...

Posting Komentar

 
© 2010 - 2012 Mas Dowi | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template