Hama Mengganas, Petani Tetap Semangat

masdowi - Petani sedih, penyakit padi menyerang, busuk leher/ potong leher, jamur, kresek, burung emprit, sampai wereng coklat selalu menghantui petani.Kebetulan hari Ini masdowi jalan - jalan ke sawah. he...he...he... ( tiap hari juga jalan - jalan ke sawah). Melihat hamparan padi berpuluh - puluh hektar yang mulai menunduk terserang hama.

Sebenarnya padi -padi itu dalam jangka waktu 15 hari kemudian sudah siap di panen. Tetapi dalam jangka waktu tersebut, perawatan padi kian tinggi. misalnya untuk pencegahan hama.

Untuk Beli pestisida, fungisida, dan obat anti hama lainnya sangat diperlukan biaya yang banyak. Belum lagi nanti pas panen harga gabah kering juga menurun. Ibarat pepatah "sudah jatuh ketiban tangga".




Namun yang membuat masdowi bangga adalah " jiwa semangat " seorang petani. Setelah tahun kemarin terserang keganasan wereng coklat, untuk tahun ini para petani tidak kapok untuk menanam padi.  Untuk tahun ini hama wereng coklat sudah jauh berkurang, di ganti dengan hama potong leher. Hama ini sama ganasnya dengan hama wereng coklat. Padi yang terserang hama ini akan tidak terisi penuh bulirnya. Akibatnya jumlah produksi padi juga akan turun.

Untuk petani Indonesia, masdowi berpesan tetap semangat untuk mencukupi kebutuhan beras nasional. Karena dengan jerih payah beliau, kita semua bisa makan beras.

Maju terus petani Indonesia

2 komentar:

Obat Tradisional Asam Urat mengatakan...

salam hidup semangat ya mas!!!terimakasih atas motifasinya...

industrial Maintenance dan Pemeliharaan Mesin mengatakan...

ohh jd gt yh.. pokoknya harus semangat gan ! wkwkwkwkw
:k:

Posting Komentar

 
© 2010 - 2012 Mas Dowi | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template