APA ITU BLOG ?

Banyak orang sering bilang kalo orang yang tidak mempunyai blog sudah ketinggalan jaman. Memang saat ini blog sudah sangat menjamur dengan berbagai banyak tampilan variatif. Tak jarang pula, ada seseorang yang memiliki lebih dari satu blog. Semua tak lepas dari banyaknya situs penyedia blog secara grats.
Sebelum kita melangkah lebih jauh menuju dunia blog, alangkah baiknya kita
perlu tahu apakah sih yang disebut blog.

Weblog, begitu nama sebenarnya dari blog yang selama ini kita kenal. Istilah demikian dipopulerkan pertama kali oleh seorang pecandu internet bernama JORN BARGER pada bulan Desember 1997
Barger menggunakan istikah weblog sebagai sebutan bagi website pribadi yang di update secara rutin oleh pemilik blog. Lebih lanjut, weblog menyertakan link – lik dari website yang dianggap dapat digunakan dalam pembahasan yang menarik dan disertai komentar – komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berevolusi dengan cepat menyesuaikan keinginan para pembuatnya yang kemudian beken disebut seorang Blogger. Blog pada mulanya erupakan catatan perjalanan seseorang di internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik. Kemudian blog menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link.

Para blogger telah membuat halaman blog mereka menjadi sebuah deari atau catatan pribadi yang dimuat secara online. Pemilik kerap menjadikan blog sebagai media ekspresi tentang segala hal yang dia alami tentang keprihatinanya dalam berbagai sendi kehidupan.

Kemudian apa gunanya membuat blog? apa yang mungkin didapatkan dari seorang blogger dalam usaha mengurus blognya? Saya sendiri merasakan bahwa dengan menyalurkan emosi dan pendapatnya di dalam blog membuatnya mulai menghargai cara pandangnya sendiri.
Saya mulai memperhatikan tata tulisan dan opini yang telah dan akan dibuat dengan sangat hati – hati karena ide – idenya penting untuk disuarakan dan dilihat oleh pengunjung blog.
Meski demikian, para blogger sering merasa jenuh dengan tampilan blog yang biasa – biasa saja. Banyak diantara Blogger yang menghias blognya dengan berbagai aksesories seperti shoutbox, jam, counterweb, galeri photo dll.

Mereka melakukannya tak lain dan tak bukan agar tampilannya dapat terlihat berbeda dari blogger – blogger lainnya yang kian menjamur dan creative dalam mendesain ulang template blognya. Alasannya, pada dasarnya kunci untuk menghias dan menambah fasilitas blog terletak pada template yang telah dipilih
Anda dapat menghias dan melengkapi tampilan blog dengan fitur – fitur yang sudah disebutkan diatas atau fitur – fitur baru yang keren dan menarik. Meski begitu, apapun akseories yang bakal dipilih sebaiknya yang benar – enar dibutuhkan dan bermanfaat bagi blog anda. Lebih lanjut, tata letak pun harus disesuaikan agar tampilan blog tidak terlihat berantakan. Jadi, bila tak ingin dianggap etinggalan jaman atau kuno, segeralah membuat blog yang menarik dan atraktif. Sekian dulu, untuk posting selanjutnya akan dibahas bagaimana membuat blog gratisan dengan platform blogger dan wordpress.(ferry&ogi)

1 komentar:

abu bakar mengatakan...

kelebihan untuk wordpress apa mas?

Posting Komentar

 
© 2010 - 2012 Mas Dowi | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template